Etos Kerja

“For even hereunto were ye called: because Christ also suffered for us,

leaving us an example, that ye should follow His steps..”

– I Pet 2:21 – KJV

Bila integritas dilakukan orang Kristen setiap hari sehingga menjadi kebiasaan dan terjadi pengembangan maka pasti tercipta suatu Etos Kerja yang baik.

 

Etos Kerja dapat diartikan sebagai pola kerja ; cara kerja. Etos kerja ini dipengaruhi oleh banyak hal termasuk pengaruh pada BUDAYA. Baik budaya secara Demografis maupun Perusahaan tempat dimana ia bekerja. Sebagai contoh :

Western Style           : Task Oriented

Japanesse Style      : Task and Time Oriented

 

Inilah Etos Kerja Sorgawi : TELADAN

 

Talent Develop

Cara kerja yang berorientasi pada pengembangan talenta-talenta dari Allah dalam setiap pekerjaan yang diemban. (Mat 25:14-30)

Educated Well

Mendidik dengan baik. Menerima dan memberi pendidikan/mengajar/ membimbing yang sesuai dengan kebenaran-kebenaran Firman Tuhan. ( I Yoh 2:27)

Leadership Attitude

Sikap pemimpin, yaitu melayani. Seperti Yesus datang untuk melayani, maka setiap orang Kristen yang bekerja harus memiliki orientasi MELAYANI pada rekan-rekan kerjanya. (Mat 20:28)

Accomplished the Job

Menyelesaikan pekerjaan. Tanpa menunda dan menyelesaikan pekerjaan dengan penuh  tanggungjawab. (Yoh 19:30)

Do the Best for God

Lakukan semua pekerjaan dengan usaha dan hasil yang terbaik. Berikanlah yang terbaik untuk Allah. (Markus 14:6 ; Mat 26:10)

Affect the Community

Berdampak pada komunitas. Pekerjaan dan sikapnya akan berdampak bagi rekan-rekan kerjanya. Mempengaruhi dengan baik, bukan terpengaruh. Menggarami dunia, bukan tergarami. (Mat 5:13-16)

Noble Man in Life Style

Gaya hidup seorang “bangsawan”. Bukan kesombongan dan keangkuhan. Tetapi lebih pada kemurnian hati yang tak mudah dikotori oleh semua dosa, perilaku negatif, pengaruh-pengaruh lain yang tidak membangun. Ingat kisah Yakub dan Esau. (Yer 2:21 ; I Pet 2:9)

No Comments

Enroll Your Words

To Top